Tim Sukses Caleg NasDem, Jhony Mainake Ancam dan Intimidasi Warga Batu Gantong

oleh -56 views

Masbaitubun : Kalau Tidak Pilih Mainake, Warga Tidak Dapat Air Bersih

TIFA MALUKU. COM – Tim sukses calon legislatif nomor urut 1 dari Partai NasDem, Jhony Mainake dapil Nusaniwe melakukan intimidasi dan ancaman terhadap warga menjelang pemilihan legislatif tanggal 14 Febuari 2024.

Salah satu tokoh masyarakat RT. 003/01 Kelurahan Kudamati (Batu Gantong),
Deky Masbaitubun kepada redaksi Tifa Maluku. Com kemarin mengatakan intimidasi yang dilakukan tim sukses Caleg NasDem, Jhon Mainake yaitu warga yang tidak memilihnya pada tanggal 14 Febuari 2024 nanti tidak akan mendapat suplai air bersih.

“Yang ancam itu, oknum-oknun yang selama ini menagih yuran air bersih dari warga di RT002 & RT003, RW01, ” kata Masbaitubun.

Untuk diketahui, pada tahun 2022 lalu, Anggota DPRD Kota Ambon dari Fraksi NasDem ini menyalurkan aspirasinya berupa pembangunan instalasi jaringan air bersih di kawasan Batu Gantong Goga, Kelurahan Kudamati tepatnya di RT002 & RT. 003. Setelah pekerjaan jaringan instalasi tersebut selesai dikerjakan, asetnya diserahkan ke PDAM untuk dikelola. Ada enam orang yang ditunjuk untuk melakukan penagihan yuran air perbulan dari warga di dua RT tersebut. Masing-masing kepala keluarga wajib membayar Rp30-50 ribu perbulannya. Namun dalam perjalanannya, air bersih tersebut tidak semua warga menikmatinya. Buktinya ada warga di RT003 yang rutin membayar yuran tapi tidak menikmati air bersih.

Menjelang Pileg 2024, tim sukses Caleg NasDem, Jhon Mainake datangi warga dan memaksa agar memilih Jhon Mainake tanggal 14 Febuari nanti. Bagi warga yang tidak memilih maka tidak mendapat air bersih. Bahkan instalasi akan dicabut.

Hal ini menimbulkan polemik di masyarakat pasalnya, jaringan air bersih ini berasal dari yang rakyat, bukan uang pribadi Anggota DPRD Fraksi NasDem, Jhon Mainake.

“Kita berterima kasih karena telah dibangun jaringan air bersih kepada warga. Tetapi bukan caranya harus mengancam warga kalau tidak pilih beliau (Mainake-red), maka warga tidak lagi dapat air bersih. Ini tindakan yang tidak manusiawi. Jangan hanya karena ambisi untuk dapat dukungan lalu ancam warga dengan air bersih. Hak politik tidak bisa dipaksakan, itu tergantung keputusan masing-masing orang. Bagi saya, apa yang dilakukan oleh tim sukses Caleg NasDem, Jhon Mainake sangat bertentangan dengan hati nurani masyarakat. Sangat tidak manusiawi, silakan cabut saja intalasi airnya. Kami warga Batu Gantong sudah biasa hidup dengan keterbatasan air bersih, toh juga kami tidak mati, ” ujar Masbaitubun.

Dia berharap ancaman tersebut mendapat perhatian dari Panwaslu Kecamatan. “Saya harap, persoalan ini mendapat respon dari Panwaslu Kecamatan, ” harap ia.

Sementara itu Anggota DPRD Kota Ambon, Jhony Mainake saat dikonfirmasi oleh Redaksi Tifa Maluku. Com membantah tudingan tersebut.

“Tidak benar. Saya maupun tim sukses tidak pernah melakukan intimidasi kepada warga. Bahkan saya tidak pernah menyuruh mereka untuk melakukan ancaman kepada warga, ” kata Mainake. (TM-07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.