Wagub Orno Diberikan Gelar Adat Upulatu Sapoelalin Oleh Masyarakat Negeri Wolu, Kabupaten Malteng

oleh -141 views

MALTENG, TIFAMALUKU. COM- Masyarakat adat Negeri Wolu Kecamatan Teluti, Kabupaten Maluku Tengah memberikan gelar adat Upulatu Sapoelalin kepada Wakil Gubernur Maluku, Drs. Barnabas Nathaniel Orno dan Pinamutu Inalatu Sapoelalin kepada Istri Wagub, Pdt Beatrix Soumeru/Orno, M. Si.

Upu artinya orang tua laki-laki yang dituakan sementara Sapoelalin artinya Teon Negeri (perut). Istri Wagub Orno digelar Pinamutu Inalatu Sapoelalin yang artinya orang tua perempuan yang dituakan

Pemberian gelar Upulatu Sapoelalin ini ditandai dengan pemasangan kain berang di kepala Wagub Maluku oleh Raja Wolu, Abdullah Hallaw yang bertempat di rumah tua Selumena, Minggu (05/03/2023).

Prosesi adat dilanjutkan dengan makan sirih pinang oleh Wagub Orno dan istri diikuti oleh tokoh-tokoh adat Negeri Wolu.

Abdullah Hallaw saat ditemui redaksi Tifa Maluku. Com di kediamannya mengatakan, pemberian gelar kepada Wakil Gubernur Maluku dan istri merupakan kesepakatan bersama tokoh-tokoh adat dan tokoh agama Negeri Wolu.

“Beliau berjasa atas pembangunan rehabilitasi Masjid Nurul Falah sehingga selesai dikerjakan. Gelar adat ini juga secara langsung Pa Wagub Orno dan istri sudah menjadi bagian dari masyarakat adat Negeri Wolu. Harapannya, semoga apa yang menjadi aspirasi masyarakat dapat diperhatikan dan diperjuangkan oleh Pa Wagub Orno di tingkat provinsi, ” pungkas Hallaw. (TM-02) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.