Usulan Calon Pengganti Ketua DPRD Belum Diterima Pemda Maluku

oleh -70 views

TIFA MALUKU.COM – Rapat paripurna DPRD Maluku yang berlangsung Kamis (11/11/2022), telah menetapkan Benhur Watubun sebagai calon pengganti Ketua DPRD Maluku yang dijabat oleh Lucky Wattimury sisa masa jabatan 2019-2024.

Pasca penetapan calon pengganti Ketua DPRD Maluku ini, direncanakan Senin (14/11/2022) diusulkan ke Pemerintah Provinsi Maluku melalui Gubernur untuk diteruskan ke Menteri Dalam Negeri. Namun, pengusulan penetapan calon pengganti Ketua DPRD Maluku belum diterima oleh Pemerintah Provinsi Maluku. Hal ini diakui, Kepala Biro Pemerintahan Setda Maluku, Boy Kaya saat dikonfirmasi media di kantor Gubernur, kemarin.

“Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Maluku belum menerima usulan calon Pengganti Ketua DPRD dari DPRD Maluku. jika usulan calon pengganti Ketua DPRD Maluku telah disampaikan ke Pemda, maka akan langsung di proses ke Mendagri,” ungkap Boy Kaya.

Untuk diketahui, pemberhentian dan penetapan calon pengganti Ketua DPRD berdasarkan Surat Keputusan (SK) DPRD Maluku nomor 34 tahun 2022.

Keputusan tersebut ditetapkan dalam rapat paripurna DPRD Maluku, jumat (11/11/2022). Dipimpin Wakil Ketua DPRD Maluku, Melkianus Sairdekut, didampingi Wakil Ketua DPRD Azis Sangkala dan Mantan Ketua DPRD Lucky Wattimury. Serta Turut hadiri Benhur Watubun dan seluruh Anggota DPRD Maluku.

Pemberhentian dan penetapan calon pengganti Ketua DPRD Maluku, menindaklanjuti keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan nomor 4618/DPPXI/2022 tertanggal 4 November 2022, dan Surat DPD  nomor 119/X/16/XI/2022 tertanggal 7 November 2022 perihal penyamapaian penetapan nama Ketua DPRD Maluku.

Wakil Ketua DPRD Maluku, Melkianus Sairdekut kepada wartawan mengatakan, berdasarkan Tata Tertib (Tatib) DPRD Maluku mempunyai waktu tujuh hari untuk mengusulkan calon pengganti Ketua DPRD ke Pemerintah Daerah (Pemda), melalui Gubernur, untuk selanjutnya diteruskan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Sesuai tata tertib DPRD Maluku, maka sejak pengumuman dan penetapan dengan keputusan DPRD tadi, maka paling lambat tujuh hari sejak paripurna ini DPRD sudah harus mengirim seluruh surat administrasi pemberkasan kepada Mendagri melalui Gubernur,” tuturnya.

Dirinya berharap seluruh proses usulan  pergantian dan penetapan Ketua DPRD Maluku ke Mendagri dapat berjalan sesuai prosedur yang telah ditentukan, sehingga proses pelantikan dapat dilakukan secepatnya.

“Kami harap lebih cepat lebih bagus, sehingga kalau sudah ada putusan Mendagri, maka akan langsung diproses pelantikan ketua DPRD Maluku sisa masa jabatan 2019-2014, saudara Benhur Watubun,” pungkasnya. (TM-05)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.