Upulatu Negeri Naku, Zadrak Gaspresz Dilantik Pj Wali Kota Ambon

oleh -6 views

TIFAMALUKU.COM, – Zadrak Gaspresz resmi menjabat sebagai Raja Negeri Naku Kecamatan Leitimur Selatan, usai di lantik oleh Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena.

Pelantikan berlangsung diruang Unit Layanan Administrasi (ULA), Balai Kota, Jumat (10/11/2023) sesuai SK Nomor 1766 Tahun 2023 tentang pengesahan dan pelantikan kepala pemerintahan Negeri Naku.

“Dalam acara pelantikan ini yang paling penting adalah memaknai Apa yang dilakukan oleh para leluhur. Penyelenggaraan pemerintahan yang terjadi dalam NKRI senantiasa diberikan pendelegasian kepada daerah-daerah di bawahnya dalam rangka mempercepat upaya untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga untuk mempermudah dan memperpendek rentan kendali penyelenggaraan pemerintahan,” kata Wattimena dalam sambutannya.

Oleh karena itu, lanjutnya, ditingkat pemerintahan Kota Ambon pendelegasian kewenangan dilakukan sampai di tingkat kecamatan Desa Negeri dan Kelurahan agar seluruh proses penyelenggaraan pemerintahan dapat menyentuh masyarakat.

“Kita berharap supaya dapat menghadirkan Raja definitif, karena definitif ini selain berperan sebagai pemangku adat tetapi juga dalam penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik serta pembangunan. Ia juga akan menjadi motor penggerak, menjadi pengatur dan pengambil kebijakan di negeri supaya apa? agar berbagai program pembangunan itu bisa terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

Menurutnya, Pemerintah Kota Ambon telah berusaha untuk menghadirkan seluruh Raja definitif pada beberapa negeri. Yang sampai dengan saat ini belum memiliki Raja definitif atau kepala pemerintahan yang definitif, salah satunya adalah negeri Naku yang prosesnya cukup panjang.

Untuk itu, patut disyukuri bahwa di hari ini dalam berbagai upaya yang dilakukan akhirnya Negeri Naku bisa menghadirkan Raja definitif. Kehadiran Raja defenitif itu penting, tetapi yang lebih penting adalah persatuan dan kesatuan masyarakat serta tidak merusak hubungan hidup orang bersaudara yang ada di Negeri Naku.

“Oleh karena itu, saya titipkan kepada Pak Zadrack Gaspersz selaku Raja definitif Negeri Naku adalah segera melakukan konsolidasi, rangkul seluruh elemen masyarakat di negeri Naku baik itu yang terkait dengan adat istiadat maupun dengan yang lain supaya bisa bersama-sama untuk membangun Naku ke arah yang lebih baik,” tandasnya. (TM-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.