Upu Ana Untuk “Upu Nunu” Murad Ismail

oleh -70 views

Tifa Maluku. Com – DPD Hena Hetu akan memberikan gelar adat “Upu Nunu” kepada Gubenur Maluku, Murad Ismail yang rencananya akan digelar di Negeri Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.

Gelar Upu Nunu akan diberikan disaat pelantikan DPP Hena Hetu yang diketuai Jais Ely pada Kamis, (16/03/2022).

Pemberian gelar tersebut mendapat dukungan penuh dari Pemuda Pelajar jazirah yang tergabung dalam Hetu Upa Ana.

“Dalam strata masyarakat Jazirah yang terdiri dari 22 negeri dan 18 dusun, Upu Ana adalah anak, Upulatu (raja), kemudian Upu Nunu. Artinya sebagai anak sudah merupakan kewajiban kami mendukung proses pengukuhan Upu Nunu,” ujar Ketua Umum Hetu Upu Ana Alter Sabandar dalam keterangan pers di kedai beta jazirah, Wailela, Ambon, Kamis, (10/03/2022).

Dikatakan, gelar adat Upu Ana layak disandang Murad ismail, yang merupakan salah satu putra terbaik jazirah yang saat ini menjadi orang nomor satu di bumi raja-raja ini.

“Dukungan ini merupakan komitmen kami sebagai anak untuk mendukung Upu Nunu,” ucapnya.

Sementara itu, Sam Difinubun menjelaskan pemberian gelar adat upu Nunu kepada Murad ismail merupakan bagian dari keputusan Majelis Latupati jazirah.

“Sebagai anak dan masyarakat yang hidup ditengah perkumpulan masyarakat adat tentu kami menghormati dan mensuport apa yang sudah menjadi keputusan Majelis Latupati” ucapnya.

Disingung dukungan ini merupakan komitmen untuk pemilihan Gubernur 2024 mendatang, menurut Difinubun sebagai orang jazirah sudah menjadi tanggungjawab moril.

“Prinsipnya sebagai anak kita tetap mendukung,” pungkasnya. (TM-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.