Sadali le Launching Aplikasi SRIKANDI Provinsi Maluku

oleh -31 views

TIFA MALUKU. COM – Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar Bimbingan Teknis Penatausahaan Arsip Dinamis pada Satuan Kerja Perangkat Daerah dan Launching Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) Provinsi Maluku Tahun 2023, yang bertempat di hotel Grand Avira, pada Kamis (11/5/2023).

Aplikasi Srikandi tersebut dilaunching oleh Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali IE, M.Si, IPU, yang dilakukan secara digital.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di bawah sorotan Tema “Akselerasi Implementasi Aplikasi SRIKANDI dalam menunjang Transformasi Birokrasi Berbasis Digital”.

Dalam laporan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku Poppy Bachmid, dirinya menyampaikan bahwa, tujuan dari terlaksananya kegiatan ini adalah untuk mempercepat penerapan aplikasi SRIKANDI di seluruh OPD di Provinsi Maluku.

“Diharapkan aplikasi ini dapat meningkatkan kualitas dan akuntabilitas dalam kearsipan, serta menjadi memori politik bangsa, karena pengelolaan informasi berbasis digital dapat terekam dengan baik dan memudahkan koordinasi antar pemerintah, mewujudkan keterpaduan dan efisiensi pengelolaan kearsipan dinamis dan berbasis elektronik ,serta mewujudkan sistem tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel.” Ujarnya.

Pada Kesempatan itu juga Sekda dalam sambutannya, mengucapkan atas nama Pemerintah Provinsi Maluku, dirinya memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini, yang nantinya akan membawa Pemerintahan di Provinsi ini lebih maksimal dalam kearsipan.

“Menyimak dari Mars kearsipan, selain merupakan jati diri bangsa, arsip juga berperan untuk menjaga warisan budaya bangsa, dan kegiatan dihari ini akan memberikan manfaat positif bagi penatausahaan kearsipan di pemerintah Provinsi Maluku.” ujar Sekda.

Sadali berharap, peserta bimtek yang akan menjadi admin di seluruh OPD dapat mengfungsikan apa yang diterima dalam penatausahaan kearsipan di unit kerja masing-masing, untuk mewujudkan good governance di Provinsi Maluku.

Sementara itu Rudi Anton Direktur Kearsipan Daerah I Arsip Nasional Republik Indonesia, berharap implementasi SRIKANDI dapat menyasar ke semua unit kerja yang ada di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, baik di tingkat OPD maupun UPT yang ada di lingkungan Provinsi Maluku.

“Kami berharap juga bahwa harus dijaga konsistensi penerapan implementasi SRIKANDI di daerah Provinsi Maluku, dan pasca penerapan implementasi SRIKANDI ini masing maisng OPD harus segara melakukan penataan arsip tekstual yang tercipta sebelum aplikasi SRIKANDI ini diterapkan.” Tutupnya

Hadir juga pada kesempatan itu pihak Arsip Nasional RI, pimpinan OPD Lingkup Pemprov Maluku, dan 45 pesreta bimtek dari setiap OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku. (TM-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.