Peringatan HUT Provinsi Maluku ke-77, Murad : Utamakan Pelayanan, Bersikap Sopan, Ramah, dan Jangan Mempersulit Masyarakat

oleh -25 views
Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail saat bertindak sebagai pemimpin upacara HUT Provinsi Maluku Ke 77 Tahun di Lapangan Merdeka Ambon, (Jumat, 19/8/2022). Ist

Tifa Maluku.Com – Jumat (19/08/2022), Provinsi Maluku genap berusia 77 Tahun. Dalam rangka memperingati HUT Provinsi Maluku ke 77 tahun ini, digelar upacara yang dipimpin langsung oleh Upulatu Maluku, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail di lapangan Merdeka Ambon.

Bertindak sebagai Komandan upacara, Drs Titus Renwarin, M.Si yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi provinsi Maluku. Turut hadir pada kesempatan itu Forkopimda, tamu dan undangan lainya. Sementara peserta upacara dari TNI-Polri, KNPI, Satpol PP, dan pelajar tingkat SMA, SMK sederajat di Kota Ambon.

Upulatu Maluku mengatakan, Agustus menjadi bulan istimewa bagi bangsa Indonesia, terutama masyarakat Maluku. “Sebab bulan ini kita merayakan momentum Proklamasi Kemerdekaan RI dan HUT Provinsi Maluku ke 77 tahun. Peristiwa penting ini harus menjadi warisan turun temukan bagi anak cucu kita. Sesuai pesan Proklamator  kita “Jas Merah. Jangan sekali-kali melupakan sejarah,” tandas Gubernur mengutip pernyataan Proklamator, Soekarno.

 

Dikatakan,  semua negara besar didunia, menjadikan sejarah sebagai elemen penting dalam membangun kehidupan berbangsa dan Negara. “Belajar dari sejarah banyak nilai-nilai hidup diperoleh. Terutama rasa memiliki sesama anak bangsa. Maluku pun memiliki catatan sejarah kepahlawanan dari para pendahulu kita antara lain Kapitan  Patimura (Thomas Matulessy), Martha Christina Tiahahu, A. M Sangadji dan Said Perintah serta yang lain-lain,” tuturnya.

Mantan Kakor Brimob Polri ini menekankan, pada HUT Provinsi Maluku,  ke-77, merupakan waktu yang tepat kembali ke nilai-nilai para pahlawan yang mesti di  petik. “Pertama sikap rela berkorban tanpa pamrih dari pendahulu kita sepanjang masa perjuangan mereka. Di mana mereka tidak segan-segan untuk merelakan tenaga harta, bahkan nyawa demi mengusir penjajah dan merebut kemerdekaan Indonesia,” ingatnya.

Sikap ini, lanjut dia, harus tercermin pada diri setiap generasi Maluku,  mulai dari  keluarga dan lingkungan serta terus menyebar ke  masyarakat.

“27 Juli 2021 lalu,  Pak Presiden Joko Widodo, meluncurkan secara resmi budaya kerja atau berakhlak sebagai budaya nasional yang harus diterapkan oleh seluruh instansi pemerintah dengan nilai budaya kerja yang berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis loyal adaptif dan kolaborasi,” jelasnya.

Untuk itu, harap Gubernur, para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Provinsi  Maluku yang bersentuhan langsung kepada masyarakat, dimintakan dahulukan pelayanan kepada masyarakat. “Kedepankan  sikap sopan dan ramah dan jangan berbelit-belit. ASN adalah pelayan masyarakat dengan layani dengan hati dan hati-hati dan jangan  sesuka hati,” tegasnya.

Rasa cinta tanah air dan patriotisme sangat  penting dan utamakan kepentingan daerah dan sikap seperti pendahulu kita. “Sikap budaya orang Maluku adalah jaga toleransi hidup orang basudara. Potong dikuku rasa didaging. Ale rasa beta rasa. Sagu salempeng dibagi dua,” harapnya.

Menjaga persatuan dan kesatuan, harap dia,  adalah modal penting kekuatan perjuangan pada masa itu dengan bersatu padu. “Para pejuang  mampu hadapi semua musuh-musuh atau penjajah. Filosofinya bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Ini perlu dilestarikan bangun Maluku. Kita tidak bekerja sendiri-sendiri. Kita harus bekerja-sama dalam sistim supaya terjalin konektivitas dan sinergitas yang kuat dalam satu Komando yang jelas,” paparnya.

Karenanya, dipertegas dalam tema HUT Provinsi Maluku ke 77,  “Baku Gandeng Maluku Bisa. “Tema ini selalu membangun koordinasi dan kolaborasi agar daerah bangsa dan daerah ini dapat bertahan di hantaman krisis dunia. Baik krisis keamanan, krisis ekonomi, krisis kesehatan, dan krisis pangan dan sebagiannya. Akhiri pidato ini nya  ucapkan selamat memperingati HUT Provinsi Maluku ke-77 tahun 2022, kepada seluruh masyarakat Maluku,” pungkasnya.

Usai upacara di berikan penghargaan dan santunan kepada ANS yang purna tugas, Desa peraih juara pertama lomba Desa dan kelurahan  tingkat Provinsi,  sejumlah  perusahaan, bantuan biaya kuliah kepada sejumlah mahasiswa  studi S2 dan S3 serta pemotongan tumpeng untuk diserahkan Gubernur dan Wagub Maluku beserta istri kepada ASN termuda dan tertua serta cleaning service di Kantor Gubernur Maluku. (TM-07)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.