Penanganan Stunting di Ambon Wajib Jadi Perhatian Kades, Raja dan Lurah

oleh -14 views

TIFAMALUKU.COM – Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena, meminta perhatian serius para Kepala Desa dan Raja di 30 desa dan negeri untuk masalah penanganan stunting.

Ditegaskan, wajib hukumnya, para Kepala Desa, Raja dan Lurah mendukung program pencegahan dan penurunan angka stunting di Kota Ambon.

“Manfaatkan Dana Desa juga untuk pencegahan dan penurunan angka stunting. Alokasikan anggaran sesuai dengan kebutuhan setiap Desa dan Negeri,” ungkapnya di Ambon, Kamis (17/01/2024).

Menurutnya, jika ada penderita stunting di wilayah masing-masing, maka respon cepat harus segera dilakukan, minimal membantu memberikan makanan tambahan.

Stunting, kata Wattimena, merupakan masalah yang harus diselesaikan secara bersama, antara pemerintah dan masyarakat. Saat ini, sudah banyak sekali upaya yang dilakukan untuk mencegah dan menangani.

“Proses pencegahan harus dilakukan secara dini, misalnya dimulai dari masa remaja di antaranya rutin memeriksa kehamilan secara rutin, memenuhi kebutuhan gizi sejak hamil. Selain itu pemberian ASI eksklusif minimal enam bulan, dampingi memberikan gizi lengkap, pantau tumbuh kembang anak,” terangnya.

Selain itu, Ia juga meminta perhatian serius dari pemerintah desa, kelurahan dan negeri untuk menyiapkan satu Posyandu yang memenuhi standar pelayanan kesehatan. (VT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.