Pelantikan Raja Negeri Batu Merah Ali Hatala Oleh Pj Wali Kota Ambon Berlangsung Aman

oleh -43 views

TIFAMALUKU.COM, – Ali Hatala secara resmi dilantik sebagai Kepala Pemerintah Negeri Batu Merah.

Hatala dilantik oleh Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena di Balai Kota, Senin (11/12/2023), berdasarkan SK Nomor 1821 Tahun 2023.

Selaku Pemerintah, Wattimena menyadari sungguh bahwa dalam proses untuk pemerintahan definitif ada banyak persoalan yang dialami karena seluruh Negeri yang ada di Kota Ambon harus bersepakat untuk menghadirkan Raja Definitif.

“Sampai hari ini masih ada lima negeri yang belum memiliki Raja Defenitif,” ujarnya.

Menurut Wattimena, Pemerintah Kota Ambon sungguh menghargai proses adat yang berlaku pada masing-masing Negeri adat.

Pemerintah tidak memilih untuk mengintervensi atau mencampuri urusan adat, namun menyerahkan sepenuhnya kepada masing-masing negeri untuk mengurus, dan mengaturnya.

“Ketika tiba pada kesepakatan, maka pemerintah kota akan mengambil keputusan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” paparnya.

Meski demikian, orang nomor 1 city of music ini mengingatkan, keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap atau Inkrah akan menjadi dasar Pemerintah Kota dalam pengambilan keputusan.

Hal ini penting untuk diketahui semua masyarakat adat, bahwasannya Pemerintah Kota Ambon tunduk terhadap hukum dan tidak ada keberpihakan kepada apapun dan siapapun.

“Saya harap saudara menjaga situasi ini dan saya yakin sungguh bahwa ada pihak yang belum bisa menerima keputusan ini. Tetapi, saya ingatkan bahwa setiap keputusan yang sudah berkekuatan hukum tetap kita tidak bisa melawannya selain melakukan jalur pengadilan,” pungkasnya. (TM-06)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.