Hadiri Pesta Adat Negeri Soya, Wattimena : Jaga Budaya Positif Ini

oleh -31 views

TIFAMALUKU.COM – Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena meminta masyarakat Negeri Soya melestarikan budaya yang ada.

Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan pada acara Pesta Adat Kunci Januari Negeri Soya yang berlangsung di halaman Gereja Soya, Ambon, Rabu (31/01/2024).

“Sebagai anak Negeri Urimessing yang merupakan pela darah Negeri Soya, dirinya merasa terhormat bisa hadir di acara ini. Mari jaga dan lestarikan budaya positif ini agar tidak hilang dari anak-anak kita,” ungkapnya.

Dikatakan, Pemerintah Kota Ambon saat ini berupaya untuk membantu pelestarian budaya-budaya yang ada di setiap negeri.

Oleh sebab itu, dirinya menyampaikan terima kasih kepada Pj. Kepala Pemerintah, para Saniri Negeri Soya beserta Panitia yang telah mensukseskan acara ini.

“Terima kasih banyak telah melaksanakan acara ini dan sebagai Pemerintah Kota Ambon kami bangga. Semoga kedepan kita bisa melakukan acara adat antara pela darah Urimessing dan Negeri Soya,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Penyelenggaraan Pesta Adat Kunci Januari Negeri Soya, Mario Van Bechove dalam arahannya menyampaikan selamat datang kepada Pemerintah Provinsi Maluku, Pj Wali Kota Ambon, dan seluruh tamu undangan lainnya.

“Saya harap masyarakat semua datang dengan sukacita, agar menjaga ketertiban dalm pelaksanaan pesta adat ini,” ujar Mario.

Menurutnya, acara ini bisa berlangsung karena campur tangan semua anak Negeri Soya dan juga Pemerintah.

“Atas nama panitia saya ucapkan terimakasih kepada Pemerintah provinsi Maluku dan Pj. Wali Kota Ambon, yang telah membantu mensukseskan acara ini. Terutama kepada Pj. Negeri Soya yang dengan senang hati telah menyediakan tempat pelaksanaan acara,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Pj. Kepala Pemerintah Negeri Soya dalam sambutannya menyatakan, acara yang dilaksanakan ini merupakan orientasi dari hidup orang basudara yang ada di Negeri Soya.

“Budaya cuci negeri dan pesta adat ini harus tetap dijaga oleh seluruh masyarakat Negeri Soya,” tandasnya.

Untuk diketahui, acara ini dibuka oleh Gubernur Maluku yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, ditandai dengan pemukulan tifa.

Acara adat ini juga dihadiri Anggota DPD-RI, Novita Anakotta, Anggota DPRD Provinsi Maluku, Jhon Lewerissa, Anggota DPRD Kota Ambon Frederika Latupapua, Politisi Muda PSI, Karen Poroe dan sejumlah artis Maluku lainnya. (VT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.