Gubernur Serahkan Hewan Qurban Kepada Masjid Al Fatah Ambon

oleh -11 views

Tifa Maluku.Com – Gubernur Maluku Murad Ismail menyerahkan hewan qurban berupa satu ekor sapi jenis Limosin berbobot 800 Kilogram (kg) kepada Masjid Raya Al-fatah Ambon.

Gubernur juga berkesempatan menyerahkan bantuan hewan qurban dari Presiden berupa satu ekor sapi jenis penarakan onggol seberat 850 kg yang diterima Imam Besar Masjid Raya Al-fatah Ambon, Ustadz H.R.R Hasanussy, Kamis (07/07/2022).

Secara keseluruhan di momentum Idul Adha 1443 Hijriah, Pemerintah Provinsi Maluku menyediakan 157 hewan qurban, terdiri 105 ekor sapi lokal berbobot 90 hingga 100 kg serta 51 ekor kambing, yang akan dibagikan Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Buru Selatan serta Seram Bagian Barat (SBB).

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya mengatakan hakekat penyembelihan hewan qurban saat Idul Adha untuk mengenang suatu peristiwa iman yang terjadi pada diri nabi Ibrahim dan anaknya nabi ismail.

Ibadah qurban juga tidak hanya sekadar memenuhi kebutuhan konsumsi, tetapi mengandung hikmah dan makna dalam kehidupan sebagai manusia.

Atas dasar itu, dirinya menekankan tiga hal penting, yaitu satu umat islam dapat mengikuti jejak nabi Ibrahim yang mampu mengorbankan sesuatu untuk memenuhi perintah Allah.

Kedua, dalam berkurban hendaknya dilaksanakan tanpa ragu-ragu, tulus dan iklas sebagai sarana untuk mendekatkan diri dengan Allah.

Ketiga, penyembelihan hewan qurban memberikan pesan moral yang baik kepada golongan fakir dan miskin. Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk menghilangkan jurang pemisah antara si kaya dan miskin, sehingga diharapkan hidup berdampingan dengan kedamaian.

Gubernur berharap, bantuan hewan qurban dapat disalurkan kepada mereka yang layak menerimanya.

“Semoga berqurban dapat menjadi muslim dan muslimat dalam menjalankan perintah Allah,”pungkasnya.

Sekedar tahu, acara ini juga dirangkaikan dengan penyerahan hewan qurban dari Pemkot Ambon sebanyak 60 ekor, terdiri dari 30 ekor sapi dan 30 ekor kambing. (TM-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.