Festival Cipta Menu B2SA Kota Ambon, Wattimena : Lestarikan Pangan Lokal Bergizi

oleh -9 views

TIFAMALUKU.COM, – Festival Cipta Menu Beragam Bergizi Pangan Lokal dan Aman (B2SA), Berbasis Pangan Lokal dan Lomba Masak Serba Ikan untuk Generasi Emas tingkat Kota Ambon Tahun 2023 digelar.

Kegiatan yang diprakasai Tim Penggerak PKK Kota Ambon, bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan serta Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Ambon ini berlangsung di Gedung Serbaguna Fransiskus Xaverius, Ambon, Selasa (26/09/2023).

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena  dalam sambutannya mengajak semua orang untuk melestarikan pangan lokal yang tentunya bergizi.

“Pelestarian pangan lokal dapat mengurangi ketergantungan pada konsumsi beras yang harganya semakin naik. Saya yakin ibu-ibu peserta lomba dapat menghasilkan pangan lokal yang beragam dan bergizi. Mari kita lestarikan pangan lokal kita,” kata Wattimena.

Ditegaskan, bagi yang mendapatkan juara dalam perlombaan ini akan mewakili Kota Ambon di tingkat Provinsi.

“Setelah juara, saya harap dapat memberikan yang terbaik untuk kota Ambon,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kadis Perikanan Kota Ambon, Feby Maail menjelaskan, festival ini diikuti peserta dari lima Kecamatan yakni  Sirimau, Leitimur Selatan, Nusaniwe, Baguala, dan Teluk Ambon.

“Dari lima kecamatan itu, ada Kecamatan yang mengirim 2 regu yaitu Kecamatan Sirimau dan Nusaniwe sehingga berjumlah tujuh peserta,” bebernya.

Sesudah lomba ini, lanjut Kadis, di Bulan Oktober nanti ada juga lomba tingkat Provinsi. Tentunya jika Kota Ambon menang di tingkat Provinsi, maka akan mewakili Provinsi di tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada Bulan November, bertepatan dengan hari Ikan Nasional.

“Ada tiga kategori yakni Kudapan, Menu Balita dan Menu Keluarga. Nanti dilihat mana regu yang terbaik dari tiga kategori tersebut untuk ditetapkan sebagai juara umum,” ujar ia. (TM-07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.