BPBD Maluku Gelar Pelatihan PKT Pengelolaan Resiko Banjir

oleh -9 views

Tifa Maluku. Com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas (PKT) Pengelolaan Resiko Banjir yang melibatkan beberapa OPD baik Provinsi dan Kota Ambon.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari di manise hotel, senin (28/03/2022), diharapkan dapat berkontribusi dalam upaya penanggulangan bencana khususnya banjir dan bencana ikutannya seperti longsor dapat ditangani secara terpadu.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Flood Management in Selected River Basins (FMSRB) yang kini telah memasuki tahun terakhir sejak di mulai dari tahun 2019.

“Pemerintah Daerah Provinsi Maluku memberikan perhatian yang cukup besar kepada Pemerintah Provinsi Maluku dan secara khusus Pemerintah Kota Ambon untuk melakukan pengelolaan banjir secara terpadu pada sungai di wilayah Kota Ambon, mengingat salah satu ancaman bencana yang cukup tinggi di Kota Ambon adalah banjir dan tanah longsor, karena kedua jenis bencana ini saling berkaitan atau disebut bahaya ikutan,” ujar Gubernur Murad Ismail, dalam sambutannya dibacakan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Maluku, Meikyal Pontoh

Dikatakan, salah satu upaya yang dilakukan sebagaimana dijabarkan dalam sasaran program FMSRB adalah meningkatnya kapasitas pengelolaan resiko banjir berbasis masyarakat.

Melalui program ini diharapkan pula dapat diminimalisir karena pengelolaan resiko banjir melalui berbagai program, dalam bentuk kegiatan penanganan di daerah atau area tangkapan air, pengelolaan sampah terpadu, penyiapan infrastruktur, pengendali banjir di daerah aliran sungai, penyiapan drainase pada area pemukiman masyarakat serta peningkatan kapasitas aparatur pemerintah dan masyarakat.

Gubernur berharap dukungan pemerintah pusat melalui program FMSRB, memberikan dampak yang signifikan untuk mengurangi resiko banjir khususnya di wilayah Kota Ambon, sehingga kerugian harta benda dan dampak lainnya yang ditimbulkan akibat banjir dapat diminimalisir. (TM-04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.